Thursday, April 25, 2013

Menjadi Networking Star, Siapa yang mau ? Part 1

Networking merupakan suatu art atau seni marketing yang cukup personal, paling tidak seni untuk memarketingkan diri sendiri, sehingga anda  bisa menjadi bintang di dalam komunitas anda.

Bagi anda Para CEO, CTO atau CIO tentunya sangat familiar dengan even networking. Seorang sales or marketing atau IT expert juga sering datang ke seminar atau conference, yang dalam hal ini akan sangat bermanfaat apabila anda memiliki kemampuan networking yang baik.

Bagaimana caranya anda bisa menjadi bintang pada saat menghadiri suatu even networking ? Tentu sebagian dari kita ingin menjadi seorang networking star bukan ? Berikut adalah ilustrasi sekiranya anda sudah menjadi seorang networking star :

  • Anda baru saja tiba pada suatu even networking, ketika memasuki ruangan tiba tiba teman teman yang hadir lebih dahulu langsung menyambut anda, menawari minum dan bahkan mengambilkannya untuk anda.
  • Pada suatu even, bukan anda yang mencari teman, akan tetapi teman lah yang mencari anda dan andalah orang yang kehadirannya paling ditunggu tunggu.
  • Pada even even, bukan anda yang meminta kartu nama orang akan tetapi kartu nama andalah yang paling dicari dan diminta oleh orang lain.
  • Pada suatu even, teman teman anda suka memperkenalkan, mempromosi, memuji dan memberi testimoni yang baik tentang anda didepan orang banyak.

Berikut ini kami coba menyampaikan sedikit tips agar anda sukses dan menjadi star pada setiap even networking yang anda hadiri, Silahkan disimak ya :
  1. Confidence, anda harus bisa tampil dan kelihatan confidence didepan orang. Jangan juga menunjukkan sikap malu malu, misalkan saja saya duduknya di belakang atau sebelah pojok saja.
  2. Jangan menghadiri even networking tanpa objective yang jelas sebab hal ini akan menyebabkan anda hadir tanpa persiapan yang baik. Berpenampilan seadanya dan tidak menarik, tidak membawa kartu nama, Nah bagaimana pula ceritanya anda akan menjadi networking Star ?
  3. Anda harus memiliki purpose yang jelas, jangan menghadiri even networking, santai santai saja tanpa pupose, akibatnya anda pulang dari even ini tanpa membawa hasil apapun, padahal untuk bisa hadir pada even ini anda harus membayar sejumlah uang.
  4. Memiliki target yang jelas semisal saya harus mendapatkan 20 kartu nama pada even ini dan dari 20 kartu nama yang saya dapatkan paling tidak besok saya akan minum coffee bareng dengan 5 orang diantara mereka untuk mendapatkan deal bisnis.
  5. etc

Masih banyak lagi trik yang lain, munkin ada diantara anda sekalian yang tertarik untuk menambahkannya ?

Salam
PQ

No comments:

Post a Comment